Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi yang dilakukan secara berkala (setiap akhir semester) untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. Proses audit ini harus dilaksanakan secara sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kesesuaian antara kriteria audit dengan kenyataan dipenuhi.

AMI periode Oktober mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) menggunakan kriteria yang sesuai borang isian akreditasi program studi dan pengelola program studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yang terdiri atas standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar pelaksanaan pembelajaran, standar pembiayaan pembelajaran, standar penialaian pembeljaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan AMI periode ini dilaksakan mulai tanggal 16-24 November 2022. Di mulai dari pengajuan Surat Tugas dari Ketua Stikes Pemkab Jombang, penunjukan SK auditor, rapat pembukaan audit, pelaksanaan audit dengan mendatangi masing-masing auditee oleh tim auditor, pembuatan laporan audit. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut ditujukan untuk peningkatan mutu Stikes Pemkab Jombang bukan untuk penilaian. Sehingga tim auditor dan auditee akan berada pada sudut pandang yang sama, tidak ada rasa saling menjatuhkan atau hal negatif yang lainnya. Dengan demikian kegiatan ini diharapkan lebih bermanfaat untuk kemajuan institusi dan seluruh pemangku kepentingan.